Lencana Facebook

Lencana Facebook

FEEDJIT Live Traffic Feed

SBY: Buka Aliran Dana Century

>> Senin, 23 November 2009

Monday, 23 November 2009
JAKARTA(SI) – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta agar aliran dana talangan Bank Century sebesar Rp6,7 triliun dibedah secara keseluruhan dan dibuka seterang-terangnya.

Hal itu harus dilakukan untuk mengetahui apakah ada aliran dana yang menyimpang. “Saya ingin tahu aliran dana talangan itu ke mana saja, buka semua, apa adanya.Sekali lagi untuk mengetahui proper atau tidak,apa ada yang menyimpang atau semua sesuai dengan yang ditentukan? Buka semua,”ujar Presiden saat silaturahmi dengan pemimpin redaksi media massa di Istana Negara, Jakarta,tadi malam.

Presiden mengaku mendengar berbagai rumor yang menyebut dirinya turut menerima dana talangan Bank Century untuk kebutuhan kampanye pilpres yang lalu.Presiden membantah dan menyayangkan tuduhan itu. “Itu sesuatu yang tercela. Seorang Presiden mendapatkan dana atau meminta dana atau berharap ada dana dari sumbersumber yang tidak semestinya. Dengan demikian itu cacat bagi saya kalau itu sebagaimana yang beredar sekarang ini dikait-kaitkan, saya ingin dibuka seluruhnya,” tandasnya.

Presiden mempersilakan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk menelusuri aliran dana penyelamatan Bank Century. Dengan demikian, akan terlihat siapa saja pihak-pihak yang tidak layak di dalam menjalankan tugasnya. Setelah itu,lanjut Presiden,harus dicari solusi bagaimana untuk melakukan perbaikan sehingga tidak merugikan rakyat.

Presiden juga mempersilakan kepada DPR yang ingin menggunakan hak angket untuk membedah kasus Century ini karena hal itu merupakan jalan terbaik untuk membuat semua permasalahan menjadi terang. “Saya pun bisa memberikan dukungan penuh kalau itu adalah solusi terbaik untuk membikin terangnya sesuatu yang beredar di mana-mana. Ini pembelajaran yang penting.

Mari kita masuk dalam wilayah riil, bukan samarsamar yang sarat sesuatu yang belum tentu mengantongi kebenaran, apalagi nyata-nyata tidak ada apa yang digosipkan, ”jelasnya. Meski demikian, Presiden berharap agar angket Century berjalan setelah adanya laporan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sehingga dapat dibuat kebijakan lebih lanjut untuk menegakkan kebenaran dan keadilan seterangterangnya.

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) rencananya hari ini akan menyerahkan hasil audit investigatif terhadap dana talangan Rp6,7 triliun Bank Century (Bank Mutiara) ke pimpinan DPR. Ketua DPR Marzuki Alie mengatakan pihaknya sudah mendapat konfirmasi dari BPK terkait hasil laporan investigasi yang ditunggu DPR.“Besok (hari ini) jadi diserahkan,waktunya sekitar jam 10.00 (WIB),ke pimpinan DPR,”kata Marzuki saat dihubungi harian Seputar Indonesia(SI) tadi malam.

Sebagaimana diketahui, sekitar 240 anggota DPR telah mengajukan hak angket Century.Mereka menilai dana talangan Rp6,7 triliun menyalahi aturan. Selain itu,pencairan juga dinilai tidak memenuhi rasa keadilan masyarakat. Kemarin, Indonesia Corruption Wacth (ICW) mensinyalir adanya aliran dana talangan Bank Century senilai Rp 6,7 triliun ke partai pemerintah pada pemilihan umum lalu.

“Ini kan pencairannya mendekati pemilu dan audit dana kampanye pemilu partai besar bermasalah dan tidak jelas, bisa jadi lari ke sana dana itu,”kata peneliti ICW Fahmi Badoh dalam diskusi di Kantor ICW,Jakarta,kemarin. Menurut Fahmi, dugaan aliran dana Century ke beberapa parpol sudah menyebar luas di publik saat ini.

“Walaupun cuma rumor, bisa jadi itu benar,”tandasnya. Karena itu, tegas Fahmi, rumor ini harus segera ditepis Presiden dengan membuka wewenang seluas- luasnya bagi BPK untuk menelisik aliran dana talangan bagi Bank Century senilai Rp6,7 triliun tersebut.

Senada dengan itu,Ketua Komite Tetap Perdagangan Dalam Negeri Kadin Indonesia Bambang Soesatyo menduga dana Bank Century sebesar Rp 6,7 triliun ada yang mengucur untuk membiayai kegiatan parpol tertentu. PPATK, menurutnya, harus menelusuri aliran dana ini.
http://www.seputar-indonesia.com

0 komentar:

Posting Komentar

cashmails.org
currencymails.com
DbClix

About This Blog

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP